Tugas 3.3. Refleksi dan Rencana Tindak Lanjut

  

Anda telah sampai di tahap akhir pembelajaran di topik ini. Sekarang mari kita susun rencana tindak lanjut untuk penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching pada perencanaan pembelajaran dan asesmen.

No

Indikator Pencapaian Kompetensi

% Ketuntasan

1

Indikator Kognitif  Kemampuan Analisis dan Pemahaman:  Peserta didik mampu menjelaskan dan menganalisis berbagai jenis latihan kebugaran jasmani (latihan kekuatan, latihan daya tahan otot, latihan daya tahan pernapasan, dan latihan kelenturan) serta pengaruhnya terhadap kesehatan. Peserta didik menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori dan prinsip dasar setiap jenis latihan serta bagaimana mengukur dan mengevaluasi hasilnya sesuai dengan potensi dan kreativitas yang dimiliki

90 %

2

Indikator Psikomotor Kemampuan Praktik dan Pengukuran: Peserta didik mampu mempraktikkan berbagai aktivitas latihan kebugaran jasmani dengan teknik yang benar dan sesuai. Selain itu, peserta didik dapat melakukan pengukuran hasil latihan dengan menggunakan metode yang tepat dan akurat. Peserta didik menunjukkan peningkatan kemampuan fisik melalui latihan kekuatan, daya tahan otot, daya tahan pernapasan, dan kelenturan yang dapat diukur secara objektif.

 

85%

3

Indikator Afektif Pengembangan Nilai Karakter dan Pola Hidup Sehat:  Peserta didik mampu meregulasi dan menginternalisasi nilai-nilai gerak seperti kolaborasi, kepedulian, berbagi, pemahaman diri dan situasi, serta regulasi diri dalam konteks aktivitas fisik. Peserta didik menunjukkan perilaku positif yang mencerminkan nilai-nilai karakter profil Pelajar Pancasila dan menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Mereka mampu bekerja sama dalam kelompok, menunjukkan empati, berbagi pengalaman, memahami diri dan situasi yang dihadapi, serta mengatur diri sendiri untuk mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran.

 

90%

 

 

Apakah pelaksanaan pembelajaran dan asesmen Anda menggunakan pendekatan CRT berhasil? Anda sudah mengidentifikasi faktor kegagalan di tahapan sebelumnya. Anda juga sudah mendiskusikan solusi untuk kendala tersebut.

Materi belum Tuntas

Muatan Budaya

Masukan bagi peserta didik

Materi yang saya berikan sudah ckup tetapi perlu adanya permaian permainan yang lebih mengambarkan tradisonal budaya Bali agar siswa lebih tertarik Yang saya jabarkan pada tabel dibawah

Muatan budaya yang ada pada pembelajaran ini adalah kebiasaan dan gaya hidup seseorang yang mana pada praktek nya muatan budaya dalam pembelaran ini adalah kerja sama antar tim atau kelompok yang berbeda suku, ras , dan agama dalam permainan yang membuat siswa lebih tertarik untuk belajar

Siswa perlu banyak bermain perminan tradisional agar motoriknya semakin berkembang

Catatan Tambahan:

Dalam setiap sesi latihan, dorong peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok dan menunjukkan kepedulian terhadap sesama peserta didik. Misalnya, saat bermain Mekare-kare, ajak mereka untuk membantu teman yang kesulitan dalam gerakan.

Pemahaman Diri dan Situasi: Minta peserta didik untuk merefleksikan pengalaman mereka selama latihan dan bagaimana mereka dapat menerapkan nilai-nilai yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Meregulasi Diri: Ajarkan peserta didik untuk mengatur diri mereka sendiri, baik dalam hal teknik latihan maupun dalam menjaga kesehatan dan kebugaran secara umum. Berikan masukan tentang pentingnya pola hidup sehat dan bagaimana latihan kebugaran jasmani bisa menjadi bagian dari rutinitas harian mereka.

 

 

Menyusun rencana tindak lanjut untuk perbaikan pembelajaran dan asesmen dapat kita mulai dari mengidentifikasi ketidaksesuaian rancangan pembelajaran dan asesmen. Kualitas rancangan pembelajaran dan asesmen menentukan keberhasilan melaksanakan pembelajaran.

 

Komponen racagan pembelajaran dan asesmen

Kelebihan

Kekurangan

Rancangan Perbaikan

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian

Kompetensi Indikator pencapaian kompetensi yang disusun sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang diharapkan

Tidak Ada

Saya akan membuat membuat kompetensi dasar yang lebih baik lagi demi meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang saya ajar

Asesmen Diagnostik

Asesmen diagnostik Asesmen diagnostik sudah dilaksanakan sebelum memulai  pembelajaran  pembelajaran untuk mengidentidikasi kompetensi, kekuatan dan kelemahan model  belajar  belajar siswa agar yang dirancang agar sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta didik dan dapat ditindak lanjut

Tidak ada

Tidak ada

Asesmen Formatif dan Sumatif

Asesmen Asesmen yang dirancang sudah sesuai dimana terdapat asesmen awal  berupadiagnostik untuk mengetahui kemampuan awal  peserta  peserta didik,serta didik,serta asesmen formatif untuk aspek  pengetahuan  pengetahuan sikap dan keterampilan

Dalam pelaksanaan asesmen diagnostik awal dan asesmen formatif akhir, ada  peserta  peserta didik yang  berdiskusi  berdiskusi untuk  bekerja  bekerja sama dalam menyelesaikan tugas nya padahal tugas tersebut harus Dikerjakan secara indiidu dan kelompok

Saya akan melakukan  pelaksanaan asesmen yang harus lebih terkontrol terkontrol lagi, dan menggunakan alternatif asesmen  berupa  berupa quiziz yang dapat dikerjakan langsung dengan batas waktu  batas waktu tertentu , tertentu , sehingga peserta didik fokus dengan setiap pekerjaannya masing-masing

Aspek Bahasa

Bahasa yang digunakan dalam rancangan sudah  jelas dan mudah dipahami

Tidak ada

Tidak ada

Aspek tata letak

Rancangan Rancangan  pembelajarannya sudah terurut dengan  jelas dan  jelas dan mempunyai mempunyai tata letak yang rapi

Tidak Ada

Tidak ada

Aspek Konstruksi

Alur penyusunan rancangan  pembelajaran  pembelajaran ini sudah jelas terurut sesuai dengan urutan  penyusuna

Tidak Ada

Tidak ada

 

Menyusun rencana tindak lanjut untuk perbaikan pembelajaran dan asesmen dapat kita mulai dari mengidentifikasi ketidaksesuaian rancangan pembelajaran dan asesmen. Kualitas rancangan pembelajaran dan asesmen menentukan keberhasilan melaksanakan pembelajaran.

Aktivitas

Alternatif Perbaikan 1

Alternatif Perbaikan 2

Alternatif Perbaikan 3

Pilihan Perbaikan

Perencanaan Perangkat Pembelajaran

Melakukan diskusi kembali  bersama  bersama guru  pamong  pamong dan rekan pp

Mengikuti seminar kurikulum dan seminar  pembuatan modul ajar

Membuat rencana  pembelajaran dengan konsep yang relevan agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik  peserta did  peserta didik dan tetap berpihak dan memerdekakan  peserta didik.

3

Implementasi Pembelajaran

Melakukan evaluasi  pembelajaran

Melakukan  pemetaan kembali

Mempelajari contoh implementasi  pembelajaran dari sesama rekan ppl, guru  pamong,  pamong, atau dari sumber lain yang menarik dan dapat dijadikan contoh

3

Implementasi Penilaian

Melakukan evaluasi kembali

Mengubah metode  pemberian asesmen yang memungkinkan peserta  peserta didik untuk melakukan asesmen dengan  jujur

Melakukan cross check asesmen

2

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR PPG Tahap Refleksi Pengalaman Belajar Setiap Mata Kuliah

AKSI NYATA ASESMEN II

Pemetaan Tantangan dan Kekuatan Guru Profesional.