AKSI NYATA PSDPI TOPIK 5

PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN SEBAGAI SCAFFOLDING PADA ZPD

No

Alur Pembelajaran

Pertanyaan Refeksi

1

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Jawab

Sebelum memulai proses pembelajaran, saya harus memikirkan integrasi teori dan praktik, relevansi konsep pembelajaran, pengaruhnya terhadap kualitas pembelajaran, serta tantangan dan peluang yang dihadapi oleh calon guru. Integrasi teori dan praktik menjadi fokus utama karena materi teoritis harus dapat diaplikasikan dalam situasi nyata di kelas. Relevansi konsep pembelajaran, seperti scaffolding pada ZPD, perlu dipertimbangkan agar dapat mendukung perkembangan siswa dengan praktis di kelas. Pentingnya memikirkan pengaruh penerapan konsep tersebut terhadap kualitas pembelajaran dan pengalaman belajar siswa untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan efektif. Tantangan yang mungkin dihadapi oleh calon guru, serta peluang untuk belajar dan berkembang melalui pengalaman praktik di lapangan, harus menjadi perhatian utama dalam mempersiapkan diri sebelum memulai pembelajaran. Dengan mempertimbangkan semua aspek ini, saya dapat lebih siap dan terfokus dalam mendukung pemahaman dan pengembangan keterampilan calon guru dalam praktik pengalaman lapangan..

2

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

 

Jawab

Dari konsep yang dipelajari dalam topik ini, saya belajar beberapa hal yang sangat berharga: Pentingnya integrasi antara teori dan praktik dalam pembelajaran, Bagaimana menerapkan konsep pembelajaran, seperti scaffolding pada ZPD, dalam konteks pembelajaran nyata. Relevansi dan kepraktisan konsep pembelajaran dalam mendukung perkembangan siswa di kelas.. Pengaruh penerapan konsep pembelajaran terhadap kualitas pembelajaran dan pengalaman belajar siswa. Tantangan yang mungkin dihadapi oleh calon guru dalam menerapkan konsep pembelajaran di lapangan. Peluang untuk belajar dan berkembang melalui pengalaman praktik di lapangan. Pentingnya memahami Zona Proximal Pembelajaran (ZPD) dan bagaimana mendukung siswa dalam mencapainya.   Prinsip-prinsip dasar Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan relevansinya dengan pendekatan pembelajaran.  Pentingnya pembelajaran yang berpusat pada siswa dan mendukung keberagaman dalam konteks pembelajaran.. Bagaimana teknik-teknik pembelajaran, seperti model think-aloud dan pertanyaan membimbing, dapat meningkatkan interaksi guru-siswa dan hasil belajar siswa.

3

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

 

Jawaban

Dalam kolaborasi dengan rekan-rekan, kami berbagi pengalaman dan strategi pembelajaran, serta mendiskusikan tantangan dan hasil praktik kami. Kami saling memberikan umpan balik dan dukungan untuk meningkatkan praktik kami. Diskusi ini memungkinkan kami melihat berbagai pendekatan pembelajaran dan memperluas sudut pandang kami. Kami juga merencanakan strategi baru dan menciptakan sumber daya pembelajaran bersama. Selain itu, kami menggunakan kolaborasi ini untuk menjelajahi riset terbaru dalam pendidikan yang relevan dengan praktik kami. Keseluruhan kolaborasi ini memperkaya pemahaman dan meningkatkan praktik pembelajaran kami secara kolektif.

4

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Jawaban

Dari proses bersama kelompok, dalam demonstrasi kontekstual tidak hanya memberikan pemahaman praktis tentang materi yang dipelajari, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, komunikasi, dan refleksi yang sangat berharga dalam pengalaman pembelajaran saya.

5

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? 

Jawaban

Sejauh ini, saya telah memahami bahwa topik ini membahas tentang integrasi antara teori pembelajaran dan praktik lapangan dalam konteks pendidikan. Saya juga memahami pentingnya penerapan konsep-konsep pembelajaran, seperti scaffolding pada ZPD, untuk mendukung perkembangan siswa di kelas. Hal baru yang saya pahami adalah betapa pentingnya kolaborasi dan refleksi dalam meningkatkan praktik pembelajaran. Saya juga menyadari bahwa pengalaman praktik lapangan memberikan kesempatan berharga untuk belajar dari pengalaman langsung dan mengembangkan keterampilan praktis dalam mengajar. Dari pemahaman awal sebelum pembelajaran dimulai, saya menyadari bahwa konsep ini tidak hanya berkaitan dengan teori pembelajaran, tetapi juga dengan praktik lapangan yang terintegrasi dengan prinsip-prinsip pendidikan yang relevan. Ada beberapa hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut, termasuk teknik-teknik pembelajaran yang lebih spesifik, strategi untuk mendukung siswa dalam mencapai ZPD mereka, dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran yang efektif. Saya juga ingin memperdalam pemahaman saya tentang prinsip-prinsip pendidikan yang berlandaskan pada filosofi pengembangan pendidikan nasional.

6

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Jawaban

Dari koneksi antara materi dalam mata kuliah yang sama dan dengan mata kuliah lain, saya belajar tentang kompleksitas dan saling ketergantungan antara konsep-konsep yang berbeda dalam pendidikan. Saya menyadari bahwa pemahaman yang lebih baik tentang satu topik dapat membantu dalam memahami topik lainnya, dan bahwa integrasi lintas mata kuliah dapat menghasilkan pemahaman yang lebih dalam dan holistik tentang pendidikan secara keseluruhan.

 

7

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? 

 

Jawab

Manfaat pembelajaran ini bagi kesiapan saya sebagai guru adalah: 1. Peningkatan pemahaman tentang teori pembelajaran dan penerapannya dalam praktik lapangan. 2. Pengembangan keterampilan kolaborasi, refleksi, dan komunikasi yang penting dalam lingkungan pembelajaran. 3. Memperoleh wawasan tentang berbagai strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan siswa. 4. Persiapan yang lebih baik dalam menghadapi tantangan dan peluang dalam praktik pengalaman lapangan. 5. Peningkatan kesiapan untuk menjadi pendidik yang responsif terhadap kebutuhan siswa secara individual.

       Saat ini, saya akan menilai kesiapan saya sekitar 7. Meskipun saya telah memperoleh pemahaman yang cukup baik tentang konsep-konsep pembelajaran dan praktik lapangan, masih ada ruang untuk peningkatan dalam menerapkan dan menyesuaikan konsep-konsep ini secara efektif dalam situasi nyata di kelas. Untuk bisa menerapkannya dengan optimal, saya perlu lebih banyak berlatih dan mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar di lapangan. Selain itu, saya juga perlu terus belajar dan mengembangkan keterampilan saya, serta terbuka untuk menerima umpan balik dari rekan-rekan dan mentor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR PPG Tahap Refleksi Pengalaman Belajar Setiap Mata Kuliah

AKSI NYATA ASESMEN II

Pemetaan Tantangan dan Kekuatan Guru Profesional.